Kalau Ada Yang Gratis, Kenapa Harus Nyuri?

September 30, 2009 at 10:40 am 7 komentar

Plagiat dan pembajakan adalah suatu bentuk kejahatan. Orang yang melakukannya bisa dituntut dan dihukum. Kita juga pasti merasa sebal dan marah kalau karya kita dijiplak atau dibajak orang lain kan? Kita akan memaki-maki dan menghina-hina orang yang melakukan plagiat ataupun pembajakan. Lalu bagaimana kalau ternyata kita sendiri melakukan hal itu? Contohnya saja software komputer. Sebagian besar dari kita pasti masih menggunakan software proprietary bajakan (ex: microsoft office dan Windows) yang murah daripada software yang asli kan? Mungkin alasannya adalah harga yang mahal dan tidak terjangkau. Tapi bagaimanapun, yang namanya pembajakan adalah kejahatan, dan tidak ada alasan apapun yang bisa membenarkannya.

Karena itu, daripada kita dicap sebagai pembajak, bagaiman kalau kita beralih ke solusi lain? Kalau memang punya banyak uang, belilah software yang asli. Dengan membeli software asli, kita telah menghormati hasil karya orang lain dan telah membantu pembuatnya. Tapi bagaimana kalau uang kita pas-pasan? Ada solusi yang lebih mudah, yaitu beralih ke OSS (open source software) atau beralih ke Linux. Keduanya dapat diperoleh dan disebarluaskan secara bebas, dan tentu saja gratis. Kita juga dapat memodifikasinya sesuai kemauan kita dengan mengubah source-codenya. Bagus bukan? Pasti menyenangkan kalau memakai software hasil karya kita sendiri…

Berikut adalah penjelasan tentang sejarah linux dan keunggulan linux dari pada sistem lain.

Sejarah linux

Linux merupakan sistem operasi yang bertipe Unix. Unix sendiri merupakan sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an.

Linux merupakan turunan dari Unix dengan sistem berbasis GNU/GPL (General Publik License).

Unix diciptakan sebagai sistem operasi yang bisa beradaptasi dengan banyak mesin (portable), serta memiliki kemampuan multi-tasking dan multi-user.

Nama “Linux” berasal dari nama kernel-nya yaitu “Linux kernel” yang dibuat pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Alasan Linus menjadikan penguin menjadi ikon linux adalah karena ia pernah kepatok penguin hingga ia demam berhari-hari. Jadi dia bermaksud agar orang yang mempelajari Linux demam berhari-hari juga dan kinginannya tercapai. Sehingga pada tahun 1996 Larry Ewing membuat gambar penguin yang kemudian menjadi logo Linux dengan nama Tux (Tux=Torvalds + Unix).

Torvalds

linus-torvalds

Unix

unix

Tux

tux.bigger

Keunggulan Linux

Selain mewarisi karakteristik Unix, Linux sebagai sistem operasi juga memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan sistem operasi lain. Berikut ini beberapa keunggulan Linux :

1. Free dan Open Source

Dibangun dengan lisensi GNU General Public License pada kernelnya, menjadikan Linux sebagai sistem operasi yang Open Source.

Open Source memiliki makna bahwa setiap orang bebas mengetahui, memodifikasi kode sumber (Source Code) yang ada pada kernel Linux, serta mendistribusikannya.

Beberapa versi distribusi Linux adalah sistem operasi yang gratis dan bebas untuk dimodifikasi dan didistribusikan kembali. Meskipun ada beberapa versi distribusi Linux adalah sistem operasi yang Free dan Open Source.

2. Fasilitas aplikasi yang lengkap

Linux dilengkapi dengan puluhan aplikasi multimedia dan aplikasi pengembangan software seperti C, C++, Java, Python, Perl, Ruby, dan lain-lain dalam paket CD/DVDinstalasinya.

Hanya dengan sekali install Anda bisa mendapatkan semua aplikasi tersebut secara Free dan Open Source.

Ada sebagian orang memilih sistem operasi lain yang lebih familiar dan melengkapinya dengan aplikasi tambahan yang didapat dari software bajakan. Jika bisa mendapatkan yang gratis kenapa harus menggunakan yang bajakan?

3. Stabil dan tangguh

Linux adalah sistem operasi yang luar biasa stabil. Jika Anda melakukan konfigurasi yang benar pada sistemnya, Linux akan “hidup” sampai hardware Anda rusak, listrik padam, atau sampai Anda melakukan shutdown pada sistem.

Linux adalah sistem yang tangguh, karena mampu bekerja selama ratusan hari tanpa ada kendala jika dikonfigurasikan dengan benar. Berbeda dengan sistem operasi lain yang memiliki aturan harus merestart dan di-install ulang secara berkala untuk menjaga sistem agar tetap stabil.

Aplikasi yang crash tidak akan membuat sistem Linux menjadi hang atau down. Jika ini terjadi pada sistem operasi lain, mungkin sistem akan hang atau bisa saja Anda hatus melakukan booting ulang pada sistem agar kembali normal.

Hal seperti ini sebenarnya merupakan kondisi yang tidak bisa dittolerir oleh seorang user. Apalagi jika sistem operasi tersebut difungsikan sebagai Server yang harus bekerja 24 jam. Sungguh suatu hal yang merepotkan.

4. Ideal menjadi Server

Ketangguhan dan sistem yang stabil membuat sistem operasi Linux sangat ideal untuk diposisikan sebagai server dalam sebuah lingkungan jaringan.

Linux menjadi pilihan utama oleh para administrator jaringan sebagai sistem operasi yang menjalankan server seperti web server, FTP server, database dan sebagainya.

Selain stabil, Linux juga menyediakan beberapa fasilitas yang dibutuhkan untuk membangun server jaringan dalam paket instalasinya seperti database PostgreSQL Apache server Squid Proxy, Static Routing Firewall, dan sebagainya.

5. Paket distribusi yang bervariasi

Linux juga menyediakan bermacam pilihan dalam paket distribusinya atau yang umum disebut Distro.

Hal ini disebabkan karena Linux memiliki status open source sehingga bermunculan beberapa versi distribusi yang berbeda sesuai dengan distronya. Hingga saat ini beberapa versi dari berbagai distro yang sudah banyak dikenal antara lain seperti Mandriva, CentOS, Ubuntu, BackTrack, Fedora, dan sebagainya.

6. Sistem X Window yang istimewa

Apa itu X Window ? X Window system atau bisa disebut X saja adalah sistem GUI pada lingkungan desktop Linux. Beberapa Desktop Environmet milik Linux yang sering digunakan adalah KDE dan GNOME.

Dekstop KDE

kde1

Logo KDE

kde-logo

Desktop GNOME

800px-desktop-gnome111-free

Logo GNOME

gnome-asia-summit-contest

X memiliki tampilan desktop yang sama seperti desktop Windows. Tidak hanya sama dalam segi tampilan, X memiliki kelebihan dalam fasilitas konfigurasi desktopnya. Seperti penggunaan Virtual desktop, dan efek tampilan 3D Desktopnya yang menarik.

Keistemewaan X Window adalah tidak hanya bisa digunakan, tapi Anda bisa memodifikasinya. Salah satunya adalah GNOME, Anda diperbolehkan untuk melakukan modifikasi karena GNOME bersifat open source.

Beberapa hal diatas membuktikan bahwa Linux lebih unggul dari system jaringan lain. Fasilitas yang lengkap dan system operasi yang Open Source ada di dalamnya. Jadi tunggu apalagi, ayo install Linux di PC kita.

Entry filed under: Kegiatan. Tags: .

kEruPuq eN fiLled ToFu MenGenaL TCP/IP

7 Komentar Add your own

  • 1. Fris  |  Oktober 1, 2009 pukul 1:02 pm

    Benar, linux adalah salah satu os terbaik di dunia. Rugi juga apabila tidak menggunakan linux. Mungkin satu kekurangan linux yang pernah saya dengar, dia tidak compatible dengan beberapa games berat seperti DotA.
    salam🙂

  • 2. nadiea  |  Oktober 5, 2009 pukul 12:54 am

    he em”…
    thax commentna…
    salam kenal..

  • 3. Irwin Day  |  Oktober 5, 2009 pukul 5:11 pm

    Judul dan isi kurang konek hehehehe…

  • 4. estu  |  Oktober 7, 2009 pukul 12:59 am

    numpank lewat….
    saya tetep suka ma si pepedora😛

  • 5. nadiea  |  Oktober 13, 2009 pukul 9:44 am

    wah”…
    thax kritikna.. karnah pkiran bersama mkana hsilna krg bguz… wkwkwkkwk

  • 6. qnuun  |  Desember 3, 2009 pukul 12:53 pm

    look at the quality .

    iya seee . harga bawa rupa .. ya kan ?

  • 7. nadiea  |  Desember 6, 2009 pukul 3:18 am

    @ qnuun : ia” setujaaa..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


mEngHituNg HaRi

September 2009
S S R K J S M
« Des   Des »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Pengumuman

”Bang

aRsipP

peNoNtonN

  • 13,574 hits

%d blogger menyukai ini: